BUSINESS PLAN MOCHIKU

 

BUSSINESS PLAN ICHIGO DAIFUKU (MOCHI)


I. LATAR BELAKANG

Makanan pada dasarnya terbagi menjadi dua macam, yaitu makanan ringan dan makanan berat. Contoh dari makanan ringan yang kini sedang banyak digemari oleh para kalangan dari semua umur adalah mochi khas negeri Jepang, atau yang kerap dikenal dengan sebutan Ichigo Daifuku.

Ichigo daifuku merupakan cemilan atau snack ringan yang memiliki rasa manis dan unik. Keunikan dari makanan ringan ini tercipta dari kombinasi antara rasa masam-manis strawberry dan pasta kacang yang dibalut dengan kulit mochi. Sehingga, tak heran apabila banyak orang yang penasaran sehingga membeli produk ini.

Di era modern seperti ini, sudah banyak produk di luar sana yang memiliki kreatifitas tersendiri. Sehingga, sebagai produsen kami wajib memiliki inovasi dengan kreatifitas yang berbeda dengan yang lain agar tidak bosan dengan produk yang sejenis. Maka dari itu,  jika mochi biasa sudah terlalu umum bagi masyarakat luar, maka kami memilih Ichigo Daifuku sebagai produk yang kami gunakan untuk penjualan kali ini.

Kami sangat merekomendasikan Mochi Ichigo Daifuku untuk dijual kepada masyarakat umum karena berdasarkan statistik, terlihat bahwa banyak orang yang menginginkan makanan dengan rasa yang unik. Terlebih lagi, jika hanya untuk cemilan maka tentu saja banyak para pelajar atau konsumen yang tertarik karena porsi yang pas untuk mereka, tidak terlalu banyak. Namun, sudah cukup mengenyangkan karena tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

STRUKTUR ORGANISASIF          

Nama usaha     : Mochiku (Mochi Daifuku)

Bidang usaha   : Dessert

Nama produk  : Ichigo Daifuku (Mochi)

Alamat            : Perumahan Taman Embong Anyar 2 Blok P.9, Dau, Kota Malang

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

VISI                : Menjadikan Mochiku sebagai cemilan favorit  bagi siswa-siswi SMPN 18

Malang

MISI               : Menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari pada modal yang dipakai, serta

digemari oleh siswa-siswi SMPN 18 Malang

II. TUJUAN

Pemilihan usaha jenis ini memiliki tujuan:

·         Mendapatkan laba

·         Memperoleh kualitas mochi yang menarik minat pelanggan

·         Mencapai target penjualan yang lebih besar dari pada modal yang dikeluarkan

·         Mematangkan rencana yang telah dibuat

·         Sebagai bentuk pelaksanaan Ujian Praktek IPS

III. KEUNGGULAN PRODUK

Produk ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

·         Produk yang memiliki kualitas tinggi dan menjamin datangnya peminat mochi

·         Harga yang terjangkau dengan produk yang berkualitas

·         Memiliki banyak variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen

·         Menggunakan kemasan yang ramah lingkungan

IV. ANALISA PASAR

Analisis pasar diperlukan supaya produk ini bisa  terjual, maka dari  itu analisis pasar diperlukan untuk mengetahui produk secara detail dengan analisis sebagai berikut :

KEKUATAN PRODUK

·         Dibuat dengan cara yang higenis

·         Terjamin kehalalannya

·         Memiliki rasa yang unik, berbeda dengan produk yang lain

·         Harga yang relatif terjangkau oleh banyak kalangan

·         Isian mochi dapat disesuaikan bagi yang tidak menyukai buah stroberi

KELEMAHAN PRODUK

·         Memiliki banyak pesaing dengan jenis produk yang hampir sama

·         Daya tahan yang kurang lama

·         Dibutuhkannya adaptasi rasa khas Jepang dengan lidah orang Indonesia

·         Konsumsi mochi yang kurang praktis dan cenderung berantakan disebabkan isiannya

·         Kemasan yang kurang ramah lingkungan

PELUANG

·         Peluang pasar cukup luas karena banyak peminatnya

·         Penawaran dilakukan secara langsung oleh pembeli dan penjual

·         Ichigo Daifuku merupakan camilan yang sedang populer

·         Menarik konsumen dengan promosi yang menarik

·         Dapat mengubah pandangan masyarakat yang awalnya tidak menyukai mochi menjadi tertarik mencobanya

 

HARGA

Harga mochi ini perbijinya dijual seharga Rp 5.000. Namun, jika ingin custom tanpa stroberi, maka menjadi Rp 4.000 per biji mochi.

PROMOSI

Promosi ini dilakukan dengan cara melakukan bazar yang dilaksanakan di sekolah, SMPN 18 Malang dan juga pembelian produk dapat dipesan secara PO (Pre order) melalui sosial media WhatsApp maupun Instagram.

TEMPAT

Penjualan produk akan dilakukan di SMPN 18 Malang pada tanggal 24 Februari 2023, lebih tepatnya produk kami akan diperjual belikan di bazar kelas 9C.

V. DETAIL PRODUKSI

1. Peralatan yang digunakan :

·         Loyang

·         Telenan atau alas anti lengket

·         Whisker atau pengaduk

·         Spatula

·         Dandang

·         Teflon

2. Bahan-bahan yang digunakan :

·         270-300 gram tepung ketan

·         60 gram gula pasir

·         ¼ sdt garam

·         2 sdm minyak goreng

·         360 ml susu UHT

·         1 pack buah stroberi ( 15 buah )

·         200 gram pasta kacang merah

·         ¼ kilogram tepung maizena

·         Pewarna makanan

3.  Cara pembuatan :

·         siapkan alat dan bahan.

·         Membuat kulit mochi dengan mengaduk rata tepung ketan, garam, gula, minyak goreng, susu UHT, dan pewarna makanan.

·         Setelah itu kukus kurang lebih 30 menit dengan api kecil.

·         Sembari menunggu matang, siapkan isian mochi dengan mencuci bersih buah stroberi, kemudian tiriskan.

·         Ambil beberapa pasta kacang merah lalu tempelkan pada bagian luar stroberi secara merata hingga tertutupi semua permukaannya.

·         Setelah kulit mochi matang, pindahkan adonan tersebut ke atas alas anti panas dan uleni adonan hingga halus dan lentur menggunakan spatula.

·         Lumuri tangan dengan tepung maizena, lalu taburi sedikit pada adonan dan uleni kembali.

·         Bagi adonan kulit mochi sama rata, lalu ambil setiap satu bagian dan pipihkan, kemudian beri isi stroberi yang sudah dibungkus dengan pasta kacang merah dan tutup rapat.

·         Taburi mochi kembali dengan sedikit tepung maizena agar tidak lengket.

·         Ichigo Daifuku siap disajikan.

 

VI. KEUNTUNGAN

1. Modal

·         270-300 gram tepung ketan          

·         60 gram gula pasir                         

·         ¼ sdt garam                                        

·         2 sdm minyak goreng                   

·         360 ml susu UHT                         

·         1 pack buah stroberi ( 15 buah )  

·         200 gram pasta kacang merah    

·         ¼ kilogram tepung maizena

·         Pewarna makanan

 


 

Modal Keseluruhan

No

Nama Item

Jumlah

Harga

1

Tepung Beras Ketan

500 gr

Rp10.000

2

Pasta Kacang Merah

1 kg

Rp40.000

3

Gula

1 kg

Rp14.000

4

Susu UHT

1 L

Rp18.500

5

Buah Strawberry

1 Pack

Rp11.000

6

Pasta Green Tea

200 gr

Rp12.000

7

Packing dan Sticker

50 pcs

Rp5.000

8

Bubuk Green Tea

3 pcs

Rp8.000

9

Minyak

100 ml

Rp2.000

10

Gas

1 tabung

Rp19.000

Total

Rp.139.500

 

Modal Menu Original

No

Nama Item

Jumlah

Harga

1

Tepung Ketan

140 gr

Rp2.800

2

Susu UHT

150 ml

Rp2.775

3

Red Bean Paste

200 gr

Rp8.000

4

Gula

60 gr

Rp840

5

Garam

2 gr

Rp100

6

Minyak

15 ml

Rp300

7

Strawberry

10 buah

Rp10.000

8

Gas

Sekali masak

Rp1.000

9

Packing

10 pcs

Rp500

Total Keseluruhan

Rp26.315

Modal Per Biji

Rp2.631.5

 

Modal Menu Matcha

No

Nama Item

Jumlah

Harga

1

Tepung Ketan

140 gr

Rp2.800

2

Susu UHT

150 ml

Rp2.775

3

Pasta Teh Hijau

200 gr

Rp8.000

4

Gula

60 gr

Rp840

5

Garam

2 gr

Rp100

6

Minyak

15 ml

Rp300

7

Strawberry

10 buah

Rp10.000

8

Gas

Sekali masak

Rp1.000

9

Packing

10 pcs

Rp500

10

Bubuk Teh Hijau

1 pcs

Rp2.700

Total Keseluruhan

Rp29.015

Modal Per Biji

Rp2.901.5

 

      Perhitungan Keuntungan

Harga Jual 5.000 x 30 = Rp150.000

 

Biaya Support Produksi

No

Nama Biaya

Harga

1

Editing Sosial Media

Rp15.000

2

Biaya Endorsment

Rp10.000

Total

Rp25.000

 

Hasil Penjualan

Nama item

Jumlah

Harga Modal Satuan

Hasil Penjualan

Keuntungan

Original

20 pcs

Rp52.630

Rp100.000

Rp47.370

Matcha

10  pcs

Rp29.015

Rp50.000

Rp20.985

Total Keuntungan

Rp.68.355

 

Keterangan:

-          Masih terdapat sisa bahan yang dapat digunakan untuk penjualan selanjutnya

 

VII. PENUTUPAN

            Produk Mochiku kami harapkan mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan dikenal secara luas sehingga bisa berkembang serta mencapai target sesuai dengan yang kami rencanakan. Selain itu, produk ini diharapkan mendapat perhatian yang besar agar mampu menjelma menjadi usaha yang berkembang pesat baik saat ujian praktek maupun di luar ranah ujian praktek.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini