BUSINESS REPORT

“MOCHIKU”

 

Laporan ini disusun guna memenuhi  tugas

Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial

 

 

 


 ANGGOTA KELOMPOK

Naurah Ahnaf                        25/9C

 Rachma Dwi P.P.                  26/9C

Randy Abyaz R.                    28/9C

Sindu Abimanyu B.               30/9C

 

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 18 MALANG

TAHUN AJARAN 2022/2023

A.   Deskripsi Penjualan yang Sudah Terlaksana

Merk Mochiku milik kami merupakan suatu usaha yang menjual makanan berupa mochi. Mochi yang kamu jual merupakan makanan khas jepang yang sedang highend belakangan waktu ini. jenis mochi yang kami jual adalah mochi daifuku. Daifuku mochi merupakan mochi yang berciri khas isian pasta kacang merah. Adanya trend dari makanan ini maka kami memutuskan untuk melakukan penjualan mochi daifuku ini untuk kegiatan Ujian Praktik Mata Pelajran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Kami memiliki berbagai macam varian rasa, yaitu Original Red Bean, Original Matcha, dan Matcha Red Bean. Untuk proses promosi produk, kami menggunakan platform instagram sebagai sarana pemasaran secara elektronik. Akun instagram yang kami miliki adalah @mochiku.idk

Selama proses perencanaan sampai proses pelaksanaan bazar kami sudah melakukan beberapa tahapan penjualan, dan menghasilkan keuntungan-keuntungan yang akan dijelasakan pada bagian sub bab dibawah ini. Sebagai bentuk laporan penjualan, produk mochi yang telah kami jual terdapat sejumlah 72 buah mochi. Sebagian besar produk dikenal melalui pemasaran online (pelanggan melakukan pemesanan via instagram dan wa).

Dari penjualan yang kami lakukan selama 2 minggu, kami meraih omset sekitar Rp360,000 dan untuk penjelasan nya akan kami sediakan pada bagain sub bab laporan keuangan. Selama penjualan pun kami melakukan survey kepuasan kepada pelanggan untuk mengevaluasi menu mochi kami, dan dipatkan hasil berupa memu mochi red bean tidak selalu kami buat available, menu tersebut hanya kami sediakan secara preorder. Hal inim disebabkan karena kurangny minat pada jenis menu tersebut, sehingga hanya dibuat apabila terdapat pesanan.

B.   LAPORAN KEUANGAN (RUGI ATAU LABA)

Catatan keuangan dari tahap perencanaan hingga tahap bazar mochiku adalah seperti pada tabel dibawah ini:

REKAPITULASI BELANJA

No

Tanggal

Nama Bahan

Pemasukan

Pengeluaran

Saldo Akhir

1

10 Februari 2023

Ultra Plain 1L

Rp       18,500

 

2

Pasta Kacang Merah 1 kg

Rp       40,000

 

3

Matcha Bubuk

Rp       9,000

 

4

Tp Ketan Rose brand 500 gr

Rp       10,000

 

5

Pewarna makanan merah   muda dan hijau muda

Rp         8,000

 

6

 

Packing 100 pcs

 

Rp         15,000

 

7

Gula 1 kg

Rp         14.000

 

8

 

Pasta Green Tea 200 gr

 

Rp         12,000

 

9

 

Minyak 250 ml

 

Rp         9,000

 

10

 

Gas

 

Rp         20,000

-Rp         155,500

11

12 Februari 2023

Buah Strawberry

 

Rp         11,000

-Rp         166,500

13

13 Februari 2023

Trial penjualan Pertama (15 pcs)

Rp         75,000

 

 

14

 

Biaya endorsement

 

Rp         5,000

-Rp         96,500

15

15 Februari 2023

Penjualan Kedua (25 pcs)

Rp         100,000

 

Rp         3,500

16

24 Februari 2023

Penjualan Ketiga (32 pcs)

Rp         160,000

 

Rp         163,500

 

Dari tabel penjualan diatas, kami mendapat keuntungan sebesar Rp163,500 dan juga keuntungan materil bahan sisa yang masih dapat digunakan untuk penjualan selanjutnya. Adapun keuntungan yang sudah didapat dibagi kepada anggota kelompok dan juga sebagian diberikan untuk amal. Untuk pembagiannya masing-masing sebesar Rp40,875. Dari pembagian yang ditugaskan kami akan memberikan untuk amal sebesar Rp40,875 dan untuk masing masing anggota kelompok sebesar Rp30,656.

C.   STATISTIK PENJUALAN

D.   KESIMPULAN

Produk MOCHIKU melebihi batas ekspektssi, yaitu menarik banyak peminat sehingga pendapataan yang dihasilkan juga banyak. Produk ini juga dapat dilanjutkan karena dari segi modal dan pendapatan yang dihasilkan dari penjualan termasuk memiliki potensi yang tinggi. Namun, kami ingin memfokuskan untuk pembelajaran di kelas Sembilan ini, sehingga tidak kami lanjutkan penjualan produk MOCHIKU ini.

Produk MOCHIKU memiliki potensi yang tinggi, karena:

-          Memiliki perpaduan rasa yang unik sehingga menarik minat konsumen.

-          Keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan lebih besar dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan.

-          Proses pembuatan atau produksi terbilang mudah apabila sudah terbiasa.

-          Memiliki ciri khas yang berbeda dengan mochi pada umumnya karena memuat buah stoberi di dalamnya yang menjadi poin utama.

-          Bahan produk mudah dicari

E.     SARAN

Hal-hal yang perlu ditingkatkan apabila ingin melanjutkan usaha ini adalah:

·         Keterampilan dalam membuat mochi, karena dibutuhkan skill dan teknik tertentu dalam produksi mochi.

·         Manajemen waktu yang baik, karena dalam pembuatan pasta mochi membutuhkan waktu yang cukup banyak.

·         Packaging yang sebaiknya menggunakan selain plastic agar ramah lingkungan.

F. DOKUMENTASI












 


 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUSINESS PLAN MOCHIKU